Fenomena-Fenomena alam

7:04 PM
Berikut ada lah Fenomena-Fenomena Alam yang terjadi, Semoga Dalam Posting ini Menyedarkan Kita Semua Kepada Kuasa allah SAW,.


1. Fenomena Aurora, Berikut keterangan-nya,

Mungkin anda pernah mendengar fenomena alam ini. Ya, Aurora adalah fenomena alam yang berbentuk cahaya warna-warni dilangit diwaktu malam. Aurora hanya terjadi di langit malam di kawasan kutub utara ( Arktik ) dan kutub selatan ( antartika ). Aurora yang terjadi dilangit belahan bumi paling utara dinamakan aurora Borealis, sedangkan yang terjadi belahan bumi paling selatan dinamakan aurora Australis. Aurora terjadi karena adanya interaksi dan tabrakan antara partikel-partikel berenergi tinggi dengan atom-atom yang berada di lapisan atmosfer terluar ( Thermosfer ).

Sumber dari partikel berenergi tinggi ini terutama proton dan elektron berasal dari angin matahari ( solar wind ). partikel-partikel tersebut terlempar dengan kecepatan 500 mil per jam dan terisap oleh magnet bumi disekitar kutub utara dan selatan. Warna dari aurora bergantung dari jenis atom yang ditabrak partikel matahari tersebut, misalnya benturan elektron dengan atom nitrogen menghasilkan warna hijau, sedangkan jika dengan oksigen menghasilkan warna merah.

Bagian penting dari mekanisme aurora adalah "angin matahari" yaitu suatu aliran partikel yang keluar dari matahari. Angin matahari ( solar wind )  menggerakkan sejumlah besar listrik di atmosfer (sabuk Van Allen). Energi ini akan mempercepat partikel ke atmosfer bagian atas yang kemudian akan bertabrakan dengan berbagai gas. Hasilnya adalah warna-warna di angkasa yang bergerak-gerak. Tekanan listrik mengeluarkan molekul gas menjadi keadaan energi yang lebih yang mengakibatkan lepasnya foton. Warna tergantung pada frekuensi tumbukan ( Collision ) antara partikel-partikel dan gas-gas. Mekanisme ini hampir sama dengan lampu berpendar atau lampu neon.

Berikut adalah foto-foto aurora yang berhasil dijepret baik di belahan bumi utara ( aurora borealis ) maupun belahan bumi selatan ( aurora australis ). Silahkan nikmati keindahannya. 



 
Aurora Borealis
Aurora Australis




Subhanallah Maha Agung engkau ya Allah...
CourtesyNational Geographic

Nah, itulah sekilas informasi tentang fenomena alam aurora, so syukuri nikmat hidup ini dengan menghayati ciptaan Allah SWT.

Sumber : http://cakrawaladunia.blogspot.com/2012/10/aurora.html

4 Matahari Muncul Bersamaan Di China
4 Matahari muncul bersamaan di China merupakan fenomena alam yang menghebohkan masyarakat negeri tirai bambu tersebut, fenomena alam ini adalah fenomena atmosferik yang telah dikenal dengan baik di dunia sains. Nama fenomena itu adalah Sun Dog yang terlihat bersamaan dengan Parhelic Circle, dimana cahaya matahari terpantul ke lapisan es di awan yang membuatnya seperti menyebar dan menyerupai matahari. Fenomena Sun Dog yang terjadi di China itu biasanya hanya memunculkan dua pembiasan cahaya matahari. Namun karena munculnya empat, maka fenomena itu memiliki keistimewaan tersendiri bagi dunia ini.
Di kota Lai Yang, Provinsi Shandong pada tanggal 27 Maret 2009 kira-kira jam 16:20 hingga 16:50 di langit muncul tiga matahari, pada kedua sisi depan matahari ada dua cahaya bulat yang samar-samar seperti matahari tersembunyi di balik awan, di sisi Timur muncul pelangi yang sangat besar sehingga terdapat 4 matahari muncul bersamaan di daerah China.
“Lazimnya terjadi dua cahaya di kanan dan kiri halo. Kalau 4 memang jarang terjadi,” kata Thomas Djamaludin, peneliti senior astronomi dan astrofisika di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).
Ia menjelaskan banyaknya cahaya yang muncul itu akibat pembiasan cahaya dan berdasarkan tingkatan kristal awan. “Lapisan kristal awan mungkin terdiri dari beberapa lapis. Lingkaran halo selanjutnya memunculkan efek pembiasan dari beberapa Sun Dog,” katanya.
Fenomena Sun Dog biasanya muncul di pagi hari saat matahari masih berada di dekat kaki langit. Jika terjadi di siang hari saat kristal es cukup tinggi biasanya hanya menampilkan fenomena. Fenomena Sun Dog juga pernah terjadi di Thailand dan Kazakhtan pada Februari 2007.
3. Lubang Neraka di Bumi
Lubang api yang sangat besar di bumi bisa dijumpai di Darvaz atau disebut juga Darvaza orang setempat menyebutnya Derwese, sebuah desa di Turkmenistan sekitar 260 km sebelah utara Ashgabat ibukota Turkmenistan .

Penyebab terjadinya lubang api konon akibat penambangan gas. Terjadi kecelakaan dimana rig pengeboran gas ambruk dan meninggalkan lubang yang sangat besar. Rupanya lokasi pengeboran berada di
sebuah rongga yang sangat besar dan berisi gas beracun.

Untuk mencegah penyebaran gas beracun tersebut, para ahli memutuskan untukmembakarnya. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 1971. Namun hingga sekarang api tersebut tak pernah padam. Warga sekitar menyebutnya the door to hell (pintu neraka). Sungguh suatu fenomena alam yang sangat menakjubkan sekaligus mengerikan.

lubang neraka
 Gambar: Lubang api raksasa di Turkmenistan

Sember : http://tepianmaya.blogspot.com/2012/12/lubang-neraka-di-bumi.html

4.Fenomena Unik dan Aneh – Sungai Yangtze Mendadak Berwarna Merah
Fenomena Unik dan Aneh
Sebuah hamparan sungai terpanjang China tiba-tiba berubah warna menjadi seperti jus tomat, dan para pejabat mengatakan mereka tidak tahu mengapa. Warga kota barat daya Chongqing pertama melihat bahwa Sungai Yangtze, yang disebut “jalur air emas,” memiliki noda menyebar pada alirannya kemarin.
Meskipun air berwarna merah terang terkonsentrasi di sekitar Chongqing, pusat industri terbesar Southwest China, warna ini juga dilaporkan tersebar di beberapa titik lain di sepanjang sungai, menurut ABC News.
Penyidik belum menentukan penyebab, tetapi Telegraph melaporkan bahwa para pejabat lingkungan menduga polusi industri dan lumpur yang bergejolak oleh banjir hulu yang baru-baru ini terjadi sebagai sumber yang paling mungkin yang menyebabkan warna merah tersebut.
Salah satu penjelasan yang alami untuk air merah yang kemungkinan dapat dipertimbangkan adalah warna yang diproduksi mikroorganisme, menurut Emily Stanley, seorang profesor limnologi (studi perairan pedalaman) di Universitas Wisconsin.
“Ketika air berubah menjadi merah, hal yang paling banyak dipikir pertama adalah pasang merah,” kata Stanley dari Little Misteri Life. “Tapi ganggang yang menyebabkan pasang merah memiliki habitat di laut dan air tawar bukanlah habitat mereka, sehingga sangat tidak mungkin bahwa ini adalah fenomena pasang merah yang disebabkan oleh ganggang.”
Air tawar yang sesekali berubah menjadi merah untuk alasan biologis (danau yang berubah merah selama kekeringan di Texas musim panas lalu menyebabkan pembicaraan tentang akhir zaman), tetapi Stanley mengatakan bahwa ini paling sering disebabkan oleh serangan bakteri penghasil warna yang tiba ketika air memiliki oksigen kurang dari normal. Karena sungai bergerak terus-menerus, bercampur dengan udara di atasnya saat air mengalir.
Setelah meninjau beberapa gambar sungai Chongqing yang berubah merah secara mengejutkan, Stanley bertaruh bahwa penyebabnya adalah buatan manusia.
“Sepertinya fenomena polutan,” katanya. “Air yang telah berubah merah sangat cepat di masa lalu telah terjadi karena orang telah membuang pewarna ke dalamnya.”
Kegiatan industri sebenarnya yang membuat sungai Cina, Jian, pernah berubah menjadi merah tua pada Desember tahun lalu. Kemungkinan yang menyebabkan aliran sungai Yangtse menjadi merah adalah aktivitas industri.

Sumber : http://ruangkabar.com/fenomena-unik-dan-aneh-sungai-yangtze-mendadak-berwarna-merah/

Semoga Fenomena-fenomena ini manyadarkan kita Kepada kuasa allah SWT, dan Kita sebagai manusia Tidak dibenarkan untuk mengambil kesimpulan yang Negatif,.

Previous
Next Post »
0 Komentar